SELAMAT DATANG
DI WILAYAH TERITORIAL
KEKUASAAN SAYA
^_^

Kamis, 17 Januari 2013

event handling

Event Handling pada JAVA Event berguna untuk menangani interaksi user dengan program, misalnya user memilih sebuah menu dalam aplikasi MIDlet.Untuk menangani event perlu mengimplementasikan interface CommandListener dan atau ItemListener. CommandListener berfungsi untuk menangani jika user memilih Command tertentu sedangkan ItemListener berfungsi untuk menangani jika user mengubah nilai sepert misalnya mengubah pilihan pada ChoiceGroup. Delegation Event Model Delegasi event model menguraikan bagaimana program Anda dapat merespon interaksi dari user. Untuk memahami model, pertama-tama mari kita pelajari melalui tiga komponen utamanya. 1. Event Source Event source mengacu pada komponen GUI yang meng-generate event. Sebagai contoh, jika user menekan tombol, event source dalam hal ini adalah tombol. 2. Event Listener/Handler Event listener menerima berita dari event-event dan proses-proses interaksi user. Ketika tombol ditekan, listener akan mengendalikan dengan menampilkan sebuah informasi yang berguna untuk user. 3. Event Object Ketika sebuah event terjadi (misal, ketika user berinteraksi dengan komponen GUI), sebuah object event diciptakan. Object berisi semua informasi yang perlu tentang event yang telah terjadi. Informasi meliputi tipe dari event yang telah terjadi, seperti ketika mouse telah di-klik. Ada beberapa class event untuk kategori yang berbeda dari user action. Sebuah event object mempunyai tipe data mengenai salah satu dari class ini. setiap event object mempunyai type event yang berbdea beda. sehingga kita harus menentukan type event sebelum menentukan jenis interface listener. karena setiap type event mempunyai jenis interface listener yang bersesuaian. berikut ini type type event yang ada di Java : -ActionEvent -ItemEvent -WindowEvent -ContainerEvent -ComponentEvent -FocusEvent -TextEvent -KeyEvent -MouseEvent -AdjustmentEvent Berikut ini Interface Listener : -ActionListener -ItemListener -WindowListener -ContainerListener -CompnnentListener -FocusListener -TextListener -KeyListener -MouseListener -MouseMotionListener -AdjustmentListener Berdasarkan tulisan diatas, setiap type event mempunyai satu jenis interface listener kecuali MouseEvent yang mempunyai dua jenis interface listener. dan setiap interface mempunyai method abstract yang harus di override class yang meng-impletasikan interface. event listener dan event handler terdapat pada package java.awt.event Bagaimana event handling dalam Java? ada tiga langkah penting dalam event handling Deklarasikan class yang akan meng-handle event yang terjadi dan tuliskan code yang menyatakan class tersebut meng-implement interface listener Event source mendaftarkan sebuah listener melalui method addListener Kode yang mengimplementasikan method pada interface listener pada class yang akan meng-handle event. [ Override ] contoh program : import java.awt.*; import java.awt.event.*; import javax.swing.*; public class ClickMe3 extends JFrame { private JButton tombol, btnExit; public ClickMe3() { super ("Event Handling"); Container container = getContentPane(); container.setLayout(new FlowLayout()); ClickListener cl = new ClickListener (); tombol = new JButton ("Click Me!"); tombol.addActionListener(cl); container.add(tombol); btnExit = new JButton ("Exit"); btnExit.addActionListener(cl); container.add(btnExit); setSize (200,100); setVisible (true); } public static void main (String arg[]) { ClickMe3 test = new ClickMe3(); test.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); } //inner class private class ClickListener implements ActionListener { public void actionPerformed (ActionEvent e) { if (e.getSource() == tombol) { JOptionPane.showMessageDialog(null, "You click me again, guys !!!"); } else if (e.getSource() == btnExit){ if ( JOptionPane.showConfirmDialog(null, "Apakah Anda yakin akan keluar ?","Konfirmasi", JOptionPane.OK_CANCEL_OPTION,JOptionPane.QUESTION_MESSAGE) == JOptionPane.OK_OPTION) { System.exit(0); } } } } }

Kamis, 10 Januari 2013

GUI

GUI atau Grapichal User Interface adalah suatu model antar-muka komputer yang menggunakan objek-objek grafis sebagai media interkasi dengan user. GUI (graphical user interface) merupakan suatu metodse untuk antar muka computer berbasis grafis.GUI digunakan dalam pembuatan program aplikasi dengan mempertimbangkan dua aspek yaitu keindahan tampiolan dan kemudahan penggunaan program. Keindahan tampilan akan mempengaruhi orang untuk melihat dan merasa senang dengan program yang kita buat, dan kemudahan menggunakan program akan berdampak pada ketertarikan orang untuk terus mengunakan program yang kita buat. Java memiliki dua kelas untuk bekerja dengan GUI, yaitu AWT (Abstract Windowing toolkit) dan SWT (Standard Widget Toolkit). 1. AWT terdapat dalam package java.awt. package ini berisi komponen-komponen GUI yang bersifat platform oriented atau tergantung pada suatu platformsistem operasi. AWT merupakan package yang di perkenalkan yang diperkenalkan untuk mengembangkan aplikasi berbasis GUI. 2. Selain package java.awt, java juga memiliki package javax.swing,untuk membuat komponen GUI.swing lebih portable daripada AWT kerena beberapa komponennya bersifat multi platform sehingga di sebut juga lightweight. SWT pada dasarnya adalah GUI-library yang terintegrasi di dalam Eclipse sebagai fondasi GUI. Swing terdapat pada package javax.swing dan bersifat lightweight, yaitu dapat diaplikasikan untuk semua platform (multiplatform). Beberapa fasilitas yang di sediakan package java.awt adalah : 1. pengaturan tata letak (layout management) komponen dalam suatu container. 2. mendukung event handling, yaitu mekanisme pendeteksian event dan penentuan respona yang akan di berikan ketika pengguna (user) mengakses komponen tersebut. 3. manipulasi grafis dari komponen,seperti font, warna,icon, dsb.

TUGAS MANAJEMEN LAYOUT

import java.awt.*; import javax.swing.*; class layout extends JFrame { JButton Button0,Button1, Button2, Button3, Button4,Button5, Button6, Button7, Button8, Button9, Button10, Button11 ; JLabel lNama,lNama2,lNama3; JPanel P1,P2,P3; public layout() { setTitle("Aryanti"); JLabel lNama= new JLabel("Flow Layout" ); JButton Button0=new JButton ("0"); JButton Button1=new JButton ("1"); JButton Button2=new JButton ("2"); JButton Button3=new JButton ("3"); JLabel lNama2= new JLabel("None Layout" ); JButton Button4=new JButton ("4"); JButton Button5=new JButton ("5"); JButton Button6=new JButton ("6"); JButton Button7=new JButton ("7"); JLabel lNama3= new JLabel("Grid Layout" ); JButton Button8=new JButton ("8"); JButton Button9=new JButton ("9"); JButton Button10=new JButton ("10"); JButton Button11=new JButton ("11"); P1 = new JPanel(); P2 = new JPanel(); P3 = new JPanel(); setLayout(null); add(lNama); add(lNama2); add(lNama3); add(P1); add(P2); add(P3); lNama.setBounds(15,10,100,20); lNama2.setBounds(220,10,100,20); lNama3.setBounds(320,10,100,20); P1.setBounds(5,30,200,40); P2.setBounds(215,30,200,100); P3.setBounds(320,30,200,150); P1.setLayout(new FlowLayout()); P1.add(Button0); P1.add(Button1); P1.add(Button2); P1.add(Button3); P2.setLayout(null); P2.add(Button4); P2.add(Button5); P2.add(Button6); P2.add(Button7); Button4.setBounds(10,10,65,25); Button5.setBounds(10,35,65,25); Button6.setBounds(10,55,65,25); Button7.setBounds(10,75,65,25); P3.setLayout(new GridLayout(2,1)); P3.add(Button8); P3.add(Button9); P3.add(Button10); P3.add(Button11); P3.setSize(100,100); (500,200); setVisible(true); setDefaultCloseOperation(3); } } public class aryanti{ public static void main(String[] args) { layout l = new layout(); } }